WPA Desa Pokoh Kidul Sosialisasikan HIV/AIDS

  • Sep 25, 2023
  • Tim SID Desa Pokoh Kidul

Pokohkidul.desa.id, Wonogiri - Warga Peduli AIDS (WPA) Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, menggelar sosialisasi HIV/AIDS ke Dusun Kebyuk pada hari Minggu (24/09/2023).

Sosialisasi ini diikuti oleh gabungan 3 dusun yaitu Kebyuk, Gayam dan Pule dengan peserta sekitar 40 orang dari berbagai kalangan, termasuk remaja, ibu rumah tangga, dan lansia.

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Ibu Yuli Purwaningsih, Pengurus WPA desa Pokoh Kidul.

Dalam pemaparannya, Ibu Yuli Purwaningsih menjelaskan tentang apa itu HIV/AIDS, cara penularan, dan pencegahannya.

"HIV/AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV. Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, dan dari ibu hamil ke bayinya," ujar Ibu Yuli Purwaningsih.

"Untuk mencegah penularan HIV/AIDS, kita dapat melakukan hal-hal berikut," lanjutnya.

  • Berperilaku seksual yang aman, seperti menggunakan kondom saat berhubungan seksual.
  • Tidak melakukan hubungan seksual dengan orang yang memiliki risiko tinggi HIV/AIDS.
  • Tidak berbagi jarum suntik.
  • Mencegah kehamilan bagi ibu hamil yang positif HIV.

Sosialisasi ini disambut baik oleh masyarakat Dusun Kebyuk. Mereka berharap agar sosialisasi seperti ini dapat terus dilakukan agar masyarakat lebih memahami tentang HIV/AIDS.

"Sosialisasi ini sangat bermanfaat. Kami jadi lebih tahu tentang HIV/AIDS dan cara pencegahannya," ujar salah satu peserta sosialisasi, Bapak Parmo.

WPA Desa Pokoh Kidul akan terus melakukan sosialisasi HIV/AIDS ke berbagai wilayah di desa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang HIV/AIDS dan mencegah penularannya. (ar)