POKOH KIDUL SEBAGAI LOKUS DESA CERDAS

  • Dec 04, 2023
  • Tim SID Desa Pokoh Kidul

pokohkidul.desa.id, Pokoh Kidul – Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri adalah salah satu dari 25 Desa yang ditetapkan sebagai lokus (lokasi fokus) Desa Cerdas oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kepala Desa Pokoh Kidul, Wuryatno, mengaku senang dengan ditetapkannya Desa Pokoh Kidul sebagai lokus Desa Cerdas. “Alhamdulillah Pokoh Kidul mampu menjadi salah satu dari sekian banyak Desa yang terpilih sebagai lokus Desa Cerdas oleh Kemendes. Semoga melalui program ini Desa Pokoh Kidul mampu bersaing di era digitalisasi.” Ujarnya pada kegiatan Orientasi ruang komunitas digital desa (Senin, 27/3/2023).

Saat kegiatan Orientasi Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD), Kader Digital Desa Pokoh Kidul, Aris Agung Setia Nugroho, menyampaikan program kerja RKDD "WASISO" akan ada 4 kegitan pada tahun pertama, yaitu : Literasi Digital Untuk Pemuda, Menuju Administrasi Digtal Desa, Umkm Pokoh Kidul Naik Kelas, Sosialisasi Dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Inpokid.

“Pertumbuhan pengguna internet terus meningkat pesat, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Namun, masih banyak orang yang kurang memiliki pemahaman yang memadai tentang literasi digital. Dampak dari kurangnya literasi digital ini mencakup risiko keamanan online, penyebaran berita palsu (hoaks), penyalahgunaan media sosial, dan ketidakmampuan untuk memanfaatkan teknologi secara produktif. Oleh karena itu, kami merasa perlu untuk mengadakan acara literasi digital ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan digital masyarakat.” Kata Aris.

Pada kesempatan yang sama, Duta Digital, Ade Muis Ashari, menambahkan “Desa Cerdas adalah Desa yang mendukung transformasi digital melalui 6 Pilar yaitu Masyarakat cerdas, Pemerintah cerdas, Ekonomi cerdas, Lingkungan cerdas, Mobilitas cerdas dan Kehidupan cerdas.” (aa)