OPTIMALKAN WEBSITE DESA! Pembuatan Sejarah Desa sebagai Salah Satu Cara Meningkatkan Website Desa sebagai Sistem Infografis oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip 2024

  • Aug 14, 2024
  • Tim SID Desa Pokoh Kidul

Website desa merupakan salah satu cara untuk dapat memperkenalkan desa kepada masyarakat luas. Sebagai media informasi, pengoptimalan website desa sangat diperlukan. Maksud dari optimalisasi website desa ini adalah selain untuk memaksimalkan fungsi pemerintahan, website desa juga diperlukan untuk mempromosikan mengenai keunikan serta ciri khas dari desa tersebut. Hal tersebut sesuai dengan fungsi website desa sebagai salah satu sistem infografis.

Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri mempunyai website desa yang difasilitasi oleh …. Website desa yang dimiliki oleh Desa Pokoh Kidul ini masih ada bagian yang kosong yaitu bagian sejarah desa. Sejarah desa sendiri adalah hal yang tergolong penting dalam memperkenalkan desa kepada masyarakat.

Dengan hal tersebut, penulis berinisiatif untuk melakukan riset untuk melakukan penulisan mengenai sejarah dari Desa Pokoh Kidul. Riset ini dijalankan dengan cara mewawancarai tokoh tetua desa seperti mantan kepala desa Pokoh Kidul, Kepala Desa Pokoh Kidul serta mantan Kepala Dusun Gayam. Penulis juga menyertakan sumber dari berita online untuk menjadi data sekunder mengenai sejarah Pokoh Kidul. Penulis juga membuat poster untuk menjelaskan kepada pemerintah desa mengenai pentingnya mencantumkan sejarah ke dalam website desa.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pemerintah desa dapat memahami pentingnya sejarah pada pencantuman website desa. Selain itu, diharapkan desa Pokoh Kidul makin dikenal masyarakat luas karena adanya pengoptimalisasi website desa.

Penulis: Risma Maharani– S1 Sejarah Undip
Dosen KKN: Ilmam Fauzi Hashbil Alim, S.T., M.Kom.
Lokasi: Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri

Editor: Admin Desa Pokoh Kidul