Kader Kesehatan Desa Pokoh Kidul Dilatih Penggunaan Antropometri

  • Sep 26, 2023
  • Tim SID Desa Pokoh Kidul

Pokohkidul.desa.id, Wonogiri - Upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, dilakukan dengan menggelar pelatihan kader kesehatan. Pelatihan yang digelar pada hari Selasa, 26 September 2023 ini diikuti oleh 75 kader kesehatan se Desa Pokoh Kidul.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Wonogiri I Ari Sundari dan bidan desa Imelda Tuti Nurhayati. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi tentang pentingnya kader kesehatan, tugas dan fungsi kader kesehatan, serta penggunaan antropometri.

Kepala Desa Pokoh Kidul, Wuryatno, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan kader kesehatan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di desa.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata Wuryatno.

Salah satu materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah penggunaan antropometri. Antropometri adalah pengukuran dimensi tubuh manusia untuk mengetahui status gizi seseorang.

"Antropometri merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menilai status gizi seseorang," kata Ari Sundari.

Dalam pelatihan ini, peserta juga dilatih untuk melakukan pengukuran antropometri, seperti pengukuran lingkar kepala, lingkar lengan atas, dan tinggi badan.

"Pengukuran antropometri ini sangat penting untuk mengetahui status gizi balita," kata bidan desa Imelda Tuti Nurhayati.

Pelatihan kader kesehatan ini diharapkan dapat meningkatkan peran kader kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Pokoh Kidul. (ar)