Bidan Desa Sampaikan Penyakit Gula di Posyandu Remaja Dusun Kajar

  • Sep 28, 2023
  • Tim SID Desa Pokoh Kidul

Pokohkidul.desa.id, Wonogiri - Posyandu Remaja Merpati 5 Dusun Kajar, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, kembali digelar pada Rabu, 27 September 2023. Posyandu kali ini dihadiri oleh Bidan desa untuk menyampaikan materi tentang penyakit gula pada remaja.

Kepala Dusun Kajar, Nugroho Eko Rubiyanto, memberikan sambutan pada pembukaan posyandu. Ia menyampaikan bahwa posyandu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya remaja.

"Posyandu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya remaja. Melalui posyandu, remaja dapat mendapatkan informasi dan edukasi tentang kesehatan," kata Nugroho Eko Rubiyanto.

Bidan desa, Imelda Tuti Nurhayati, menyampaikan materi tentang penyakit gula pada remaja. Ia mengatakan bahwa penyakit gula merupakan salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang dapat menyerang siapa saja, termasuk remaja.

"Penyakit gula merupakan salah satu penyakit tidak menular (PTM) yang dapat menyerang siapa saja, termasuk remaja. Oleh karena itu, remaja perlu mengetahui tentang penyakit gula dan bagaimana cara mencegahnya," kata Imelda Tuti Nurhayati.

Materi yang disampaikan oleh bidan desa meliputi pengertian penyakit gula, faktor risiko, gejala, dan cara pencegahan. Para remaja juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan bidan desa.

"Penyakit gula pada remaja dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan yang tidak sehat, obesitas, dan kurangnya aktivitas fisik," kata Imelda Tuti Nurhayati.

Imelda Tuti Nurhayati juga menyampaikan gejala-gejala penyakit gula pada remaja, seperti sering haus, sering buang air kecil, mudah lelah, dan penurunan berat badan yang tidak wajar.

Selain edukasi kesehatan, posyandu remaja Merpati 5 juga menggelar screening pemeriksaan gula pada remaja. Pemeriksaan ini diikuti oleh 55 remaja.

Posyandu Remaja rutin diadakan setiap bulan. Posyandu ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada remaja, seperti pemeriksaan kesehatan, pemberian imunisasi, dan pemberian penyuluhan kesehatan.