Bersih Dusun Pengkol, Gelar Wayang Kulit

  • Jul 18, 2023
  • Tim SID Desa Pokoh Kidul

POKID MELEJID – Pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh dalang kondang Ki Maryono Bagong dengan lakon “Wahyu Kamulyaning Jati” dalam acara Bersih Dusun Pengkol, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri di lapangan voly Dusun Pengkol berjalan lancar dan sukses, Senin (17/7/2023).

Menurut ketua panitia Wiyono, secara umum seluruh elemen masyarakat diikutsertakan dalam kegiatan ini. Seperti pengurus RT/RW, Karang Taruna dan elemen masyarakat lain. "Guyub rukun, semua warga terlihat dalam kegiatan bersih dusun ini," ujarnya. 

Kepala Dusun Pengkol Endhi Kristanto mengungkapkan, selain menjadi ajang silaturahmi untuk melambangkan kegotongroyongan di masyarakat Dusun Pengkol, bersih dusun juga merupakan kegiatan tolak bala yang diyakini mampu membersihkan hal-hal negatif.

"Kegiatan ini juga selain sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa juga simbolisasi doa bersama dari masyarakat kita agar Dusun Pengkol Pokoh Kidul ini terhindar dari malapetaka dan sukses membangun kedepannya," ungkapnya.

Masyarakat juga terhibur dengan pegelaran wayang kulit hingga menjelang fajar itu. Penonton yang hadir dalam bersih dusun kali ini di luar dugaan karena antusiasme masyarakat demikian besar sehingga kegiatan wayang kulit berjalan dengan sangat meriah. "Ini sungguh luar biasa, kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya bagi masyarakat yang telah mendukung kegiatan bersih dusun ini," imbuhnya.

Sejumlah undangan tampak hadir Camat Wonogiri Fredy Sasono, Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Margono, Kepala Desa Pokoh Kidul beserta Perangkat Desa dan tokoh-tokoh masyarakat Desa Pokoh Kidul.(aa)