Olahan Home Industry

ONDE-ONDE

Onde-onde yang banyak dibuat di Desa Pokoh Kidul yaitu jenis onde-onde kumbu. Onde-onde kumbu ini memiliki ciri khas “crunchy di luar, chewy di dalam”. Onde-onde kumbu ini terbuat dari campuran tepung tapioka, tepung beras, tepung ketan, gula pasir, baking powder, dan air. Sesuatu yang unik dari onde-onde kumbu yang diproduksi di Desa Pokoh Kidul yaitu isian dari onde-onde ini bukan hanya kacang hijau, tapi juga kacang merah yang rasanya tak kalah enak. Onde-onde dijual dengan harga Rp1.000,00 per biji.

PEYEK

Peyek merupakan sejenis makanan pelengkap dari kelompok gorengan. Peyek memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih sehingga membuat selera makan meningkat. Peyek diolah dengan cara tepung terigu dicampur dengan air hingga membentuk adonan yang kental. Setelah itu adonan tersebut diberi bumbu dan diberi bahan pengisi seperti kacang atau teri. Peyek di Desa Pokoh Kidul dijual seharga Rp1.000,00 per bungkus kecil.

KERIPIK TEMPE

Keripik tempe di Desa Pokoh Kidul memiliki rasa yang renyah dan gurih. Adonan pada keripik tempe ini dicampur dengan rempah-rempah sehingga kaya rasa. Cara pembuatan keripik tempe ini dimulai dengan tempe yang diiris tipis lalu dicampur dengan bumbu dan terakhir digoreng. Keripik tempe ini dijual dengan dengan harga Rp2.500,00 per bungkus.

CABUK

Cabuk yang dibuat di Desa Pokoh Kidul merupakan makanan yang berbahan dasar utama biji tanaman wijen. Biji wijen umumnya diperas menghasilkan minyak wijen. Cara pembuatan cabuk yaitu dimulai dengan biji wijen mentah disangrai, setelah matang biji wijen tersebut ditumbuk hingga menjadi semacam tepung. Lalu tepung tersebut dikukus dengan dicampur air sedikit sekitar 1 jam. Kemudian dicampur londo dan ampas kelapa dan dikukus lagi selama 1 jam. Londo inilah yang membuat warna cabuk menjadi hitam.

RAMBAK

Rambak yang banyak ditemui di Desa Pokoh Kidul adalah rambak ikan, karena wilayahnya yang dekat dengan Waduk Gajah Mungkur. Bahan baku yang banyak digunakan adalah kulit ikan yang didapat dari limbah pengolahan ikan. Kulit ikan yang didapat berada pada kondisi yang segar karena akan mempengaruhi kualitas rambak, terutama pada baunya.

TEMPE BENGUK

Tempe benguk merupakan tempe yang dihasilkan dari olahan kacang benguk yang sangat populer di daerah Desa Pokoh Kidul. Jenis kacang ini berukuran lebih besar dari kacang kedelai pada umumnya. Cara pembuatan tempe benguk pada dasarnya hampir sama dengan tempe kedelai, yang membedakan adalah kacang yang digunakan harus direndam selama 2 hari sebelum diolah agar bau apek pada biji benguk hilang dan membuat teksturnya lebih lunak. Setelah itu, tempe benguk didinginkan dan dicampur ragi.

 

Oleh :

Caesrilla Maggie Zavira (Teknologi Pertanian’2016)

Rafif Wicaksono (Teknologi Pertanian’2016)

KKN-PPM UGM 2019

Unit JT-181

Facebook Comments